Perawatan Rambut - Cara Merawat Rambut Secara Alami » Penyebab ketombe , faktor internal dan eksternal

Penyebab ketombe , faktor internal dan eksternal

Advertisement
Masalah ketombe adalah masalah yang serius ketika sudah berdampak pada kepercayaan diri seseorang. Ada banyak alasan yang dapat menjadi penyebab timbulnya masalah ketombe, Artikel ini akan memberi anda informasi tentang internal maupun penyebab eksternal dari masalah ini.

Penyebab internal masalah ketombe

  1. Jamur
    Ini adalah penyebab paling umum dari ketombe. Melessezia furfur (juga dikenal sebagai Pityrosporum Ovale) adalah jamur yang dapat menyebabkan ketombe dan cenderung berkembang karena ketidakseimbangan produksi sebum (minyak alami) pada kulit. Ini  sering disebabkan oleh shampoo dan kondisioner yang keras, stres, atau kondisi cuaca yang ekstrim.
  2. Kurang gizi
    kekurangan nutrisi dalam diet seseorang menyebabkan produksi kulit tidak seimbang, dan ini dapat menyebabkan ketombe berkembang. Makan diet seimbang dengan banyak buah dan sayuran kaya vitamin akan sangat mempengaruhi kondisi anda, begitu juga dengan masalah ketombe. kebiasaan makan seimbang baik untuk kesehatan keseluruhan. dengan diet seimbang, anda tidak hanya bisa mengobati ketombe namun disisi lain anda juga sudah melakukan angkah besar untuk mencegah datangnya ketombe pada kulit kepala anda.
  3. Kurangnya seng
    seng (Zinc) memainkan peran penting dalam nutrisi dan kesehatan kulit. Ini adalah salah satu vitamin penting yang dibutuhkan untuk produksi kulit seimbang. Walaupun ada suplemen tablet seng dipasaran, akan lebih baik jika Anda menambahkan beberapa makanan kaya seng dalam diet Anda seperti protein hewani, kacang-kacangan, almond, biji bunga matahari, biji-bijian dan bahkan tiram.
  4. Infeksi jamur (Candida)
    Hal ini akan menyebabkan kulit kering dan infeksi.
  5. Sirkulasi darah yang buruk
    Sirkulasi darah yang tidak baik dapat menyebabkan ketombe. pemijatan kulit kepala akan meningkatkan sirkulasi darah dan mendorong kulit kepala Anda untuk menghasilkan sebum dengan jumlah yang ideal.
  6. Kelenjar sebaceous yang tersumbat
    Kelenjar yang menghasilkan sebum dapat menyebabkan masalah besar ketika itu tersumbat. Sumbatan bisa terjadi karena shampoo yang keras dan sabun yang meninggalkan residu, kebersihan yang buruk atau produksi sebum yang berlebihan. ini tidak hanya menyebabkan ketombe tetapi juga dapat juga menyebabkan timbulnya masalah jerawat.
  7. Ketidakseimbangan hormon
    Ini akan menyebabkan kelenjar minyak menghasilkan terlalu banyak sebum.
  8. Kurangnya Istirahat
    Kurang istirahat bisa menjadi penyebab timbulnya ketombe. pastikan anda memiliki waktu istirahat yang cukup untuk mencegah dan mengobati ketombe anda.

Penyebab eksternal ketombe:

  1. Sebuah penggunaan berlebihan produk kosmetik seperti semprotan rambut, gel dan pewarna rambut.
  2. Cuaca dingin dan cuaca kering panas juga dikenal sebagai penyebab ketombe.
  3. Tekanan seperti stres emosional, stres keuangan, stres di tempat kerja atau stres keluarga.

Ketombe sering tampak menjadi masalah musiman. Ini yang paling umum ditemui pada musim dingin. Meskipun kita tidak bisa menyingkirkan ketombe selamanya dan menghilangkannya secara permanen, Dengan mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan atau memperburuk kondisi ketobe kita dapat mengambil tindakan untuk mengontrol dengan cara alami.

Advertisement